Thursday, November 15, 2018

Kampoeng Kitiran Desa Wisata Pagak

Kampoeng Kitiran Desa Pagak
Desa Wisata Pagak Menyuguhkan Keindahan Alam Tradisional Desa, Tanpa merubah kulture khas Desa Pagak. Wisatawan dapat langsung berinteraksi dengan semua yang ada di Desa Wista Pagak.

Pokdarwis Krida Wisata Desa Pagak Berdiri Pada Bulan September dan resmi mendapatkan SK dari Pemerintah Desa Pagak Dan Dinas Pariwisata Dan Kebudayaan Kabupaten Banjarnegara. Desa Pagak Secara resmi diakui oleh Pemerintah Kabupaten Banjarnegara Dan Mendapatkan SK Desa Wisata Yang Dikeluarkan Oleh Bupati Banjarnegara Pada Bulan November 2017

Dalam Perkembangan nya Desa Wisata Pagak secara legal dibantu pengelolaan nya oleh BUMDES ASTAGINA Desa Pagak.


Suran - Gending Tengah Sawah 
Geding Tengah Sawah - Desa Wisata Pagak
Beberapa waktu yang lalu, Desa Wisata Pagak, Kec. Purwareja Klampok, telah usai mengadakan acara Gending Tengah Sawah. Sebuah perhelatan budaya warga Desa Pagak yang patut di apresiasi. Kegiatan tersebut diselenggarakan pada malam pergantian tahun baru Islam. Atau yang oleh masyarakat Jawa lebih dikenal dengan sasi Sura atau Suran. Ketua Panitia Sidin Atma Sudirja mengatakan kegiatan ini merupakan wujud syukur masyarakat dan sebagai metode syiar agama untuk mendekatkan agama melalui seni budaya.

Gending tengah sawah ini dilaksanakan di area persawahan Rawa Lutung. Area yang akan dijadikan relokasi lapangan desa setempat. “Acara dimulai dengan mengheningkan cipta untuk mendoakan leluhur pendiri Desa Pagak,” terangnya. Kemudian, acara dilanjutkan dengan kirab pusaka yaitu rompi Antakusuma, batu serta koin yang merupakan peninggalan pendiri dan sesepuh Desa Pagak. Puncaknya, ratusan warga mengikuti Hening Gending Jawa di tengah sawah. Tembang yang dimainkan dalam gending tengah sawah ini merupakan lagu Macapat. Meliputi Maskumambang (dalam kandungan), Mijil (lahir), Sinom (muda), Kinanthi(tuntunan), Asmarandhana (asmara), Gambuh (kecocokan), Dhandanggula (senang), Durma (dermawan), Pangkur (menjauhi hawa nafsu), Megatruh (kematian) dan Pucung (dibungkus mori putih). “Setiap tembangnya merupakan renungan manusia atas kehidupan di dunia,” jelasnya. 

Pengelola Desa Wisata Pagak Pradikta Dimas mengatakan usai pembukaan, seluruh peserta kegiatan menabuh kentongan. Kemudian dilanjutkan dengan tahlil, kepungan golong atau makanan dalam tenong dan acara puncaknya Hening Gending Tengah Sawah yang berisi Kidungan tolak bala dan shalawatan yang di pimpin oleh tokoh adat. (drn)

Daya Tarik Wisata Alam  :
  1. Edukasi Pertanian
    Pertanian padi, sebagai sumber daya kehidupan, pertanian padi juga sebagai daya tarik untuk wisata bagi wisatawan dari kota maupun mancanegara untuk mengikut sertakan menanam padi sebagai pengalaman dan aktivitas para wisatawan, dengan pemanfaatan letak desa pagak yang dekat dengan BLKP Purwareja Klampok akan sangat mudah untuk mendatangkan para pengunjung untuk study pertanian di desa pagak, kerjasama yang di jalain antara pemerintah desa pagak dengan BLKP Purwareja Klampok dapat sebagai sarana promosi edukasi pertanian di desa pagak.
  2. Edukasi Pertanian Sayur Organik
    yaitu sistem budi daya pertanian yang mengandalkan bahan-bahan alami tanpa menggunakan bahan kimia sintetis. Beberapa tanaman organik yang berpotensi untuk dikembangkan di Desa Pagak dengan teknik tersebut adalah padi, hortikultura sayuran dan buah dan rempah-rempah. Pengolahan pertanian organik didasarkan pada prinsip kesehatan, ekologi, keadilan, dan perlindungan. Yang dimaksud dengan prinsip kesehatan dalam pertanian organik adalah kegiatan pertanian harus memperhatikan kelestarian dan peningkatan kesehatan tanah, tanaman, hewan, bumi, dan manusia sebagai satu kesatuan karena semua komponen tersebut saling berhubungan dan tidak terpisahkan.
  3. Edukasi Pupuk Organik
    Pupuk organic sebagai penyubur tanaman sehingga menghasilkan tanaman lebih subur dan segar dengan dibantu melalui program BANK SAMPAH yang ada di Desa Pagak sangat membantu masyarakat dalam menjaga kebersihan lingkungan.
  4. Peternakan ayam (pembesaran & ayam Petelor)
    Di desa pagak terdapat peternakan ayam baik peternakan ayam pembesaran dan peternakan ayam petelor
  5. Talang Gantung (irigasi persawahan)
    Talang gantung dibagung pada sekitar tahun 2014 oleh pemerintah desa pagak pada waktu itu menggunakan dana PNPM Mandiri Perdesaan, dibangun menyerupai bangunan blanda kuno agar menarik dan dapat sebagai kunjungan wisata bagi masyarakat
  6. Ramonan Kaliboga (sungai irigasi kaliboga)
    Ramonan kata lain dari Tubing atau arung jeram mini adalah salah satu bentuk kegiatan petualangan di alam terbuka. Dalam melakukan kegiatan ini sungai yang berjeram menjadi media utama dan Ban karet bekas Bus dan Truk tronton,dan,pelampung,pengaman kaki dan lutut serta helm merupakan alat yang dipakai untuk mengarungi sungai boga tersebut.
  7. Ndut-ndutan Rawa Lutung
    permainan tersebut lebih efektif dibanding hanya bermain gadget di rumah. Dengan Adanya Potensi Alam Desa Pagak Yang sebagian besar sawah terdapat pula rawa, yang di kenal dengan Rawa Lutung, berinteraksi satu dengan yang lainya yang pada dasarnya mengajarkan anak-anak agar tidak ketergantungan dengan gadget. Selain itu agar anak-anak tersebut tidak menjadi pribadi yang jauh dari kegiatan kemasyarakatan.

Daya Tarik Wisata Budaya dan Kerajinan :

Tradisional Musik Gumbeng
  1. DOLANAN BOCAH
  2. Kerajinan Anyaman Bambu / PITI
  3. Kerajinan Pot Dari Semen
  4. POTENSI KULINER

Kuliner Sroto Pagak
  1. Cemilan Ampyang Gulung
  2. Jahe INSTAN
  3. Tradisional Getuk Lindri
  4. Ketupat Khas Desa Pagak Dengan Pelepah Kelapa

No comments:

Post a Comment