Monday, November 19, 2018

5 Destinasi Wisata Desa Pesangkalan Kecamatan Pagedongan

Tak disangka ternyata Desa Pesangkalan, Kec. Pagedongan, Kab. Banjarnegara yang berada di wilayah selatan Banjarengara ini memiliki 5 titik Destinasi Wisata yang patut untuk di kunjungin. Kelima titik adalah ; 

01. Curug Pletuk ( Pletuk Waterfall )
Curug Pletuk Desa Pesangkalan, Kec. Pagedongan
Curug Pletuk memiliki ketinggian kurang lebih 100 m, dengan debit air yang stabil dan jernih. Dilokasi ini kita bisa menikmati suasana alam yang luar biasa, suara gemercik air mengalir beriringan dengan suara-suara burung yang berkicau, membuat hati ini terasa damai. Pas bgt buat ngademin pikiran yang lagi penat karena pekerjaan dan persoalan yang ada. 

Dilokasi ini juga kita bisa melakukan camping sembari menikmati indahnya sunrise dan sunset. Lokasinya cukup amba alias luas, untuk 10 sampai dengan 15 tenda ya msh muat. So..., buat kalian yg pingin dateng rombongan, kagak usah khawatir kalau-kalau lokasinya kagak nyukup..., disini kita juga bisa bikin acara outbound bareng rombongan, lalu bikin api unggun pada malam hari. Pokoknya dijamin asyik dan masyuk...


02. Curug Muncar ( Muncar Waterfall )
Suasana Curug Muncar, tidak jauh beda dengan curug Pletuk, bedanya dilokasi ini akan lebih pas jika kita jadikan sebagai tempat untuk acara fun tracking dan panjat tebing. Dengan debit air yang stabil dan jernih juga, Curug Muncar memiliki ketinggian kurang lebih 130m, lebih tinggi jika dibandingkan dengan Curug Pletuk. Untuk sampai di lokasi ini, biasanya wisatawan akan melakukan perjalanan dari Dusun 1 Jatisari Desa Pesangkalan untuk menuju ke area Curug Muncar.

03. Watu Desel ( Desel Stone ) 
Exotisme Watu Desel Pesangkalan | Pic By : IG @watudesel
Merupakan bentang alam dengan struktur bebatuan yang menjulang tinggi bak puncak mount everest, Watu Desel diprediksi akan menjadi destinasi favorit para petualangan yang rindu akan kemegahan bentang alam Desa Pesangkalan. Konon cerita Watu Desel merupakan tempat persembunyian peradaban hindu untuk menghindari peperangan yang terjadi pada saat itu, letak Watu Desel sendiri +- 200m dari jalan Desa Pesangkalan menuju destinasi wisata Watu Desel.

04. Petilasan Kyai Putih
Salah satu wisata religi yang ada di Desa Pesangkalan, petilasan kyai putih disematkan karena pada jaman dulu masyarakat desa pesangkalan melihat tokoh sunan kalijaga itu putih atau menghilang, pada aslinya sunan kalijaga lah yang menempati petilasan ini, keampuhan petilasan kyai putih ini pernah terjadi pada saat gunung midangan longsor dan hanya makam ini yang tidak terkena dampaknya. Banyak orang yang sering melakukan ziarah kubur dengan tujuan agar doa-doa mereka segera disampaikan kepada Alloh swt.

05. Kebun Kopi ( Cofee Garden )
Kopi merupakan salah satu urat nadi pertanian masyarakat Desa Pesangkalan yang terletak di kisaran ketinggian 800mdpl sebagai tempat ideal untuk tanaman kopi robusta yang khas dengan ketegasan rasanya.

Wisatawan dapat mempelajari berbagai hal tentang budidaya tanaman kopi secara langsung di kebun dengan para petani dan panduan langsung dari pengelola kopi robusta pesangkalan yang sudah sangat mendalami tentang kopi robusta pesangkalan. Wisatawan juga bisa belajar proses pengolahan hasil panen yang dipetik dari kebun hingga siap untuk dihidangkan.

No comments:

Post a Comment